Profil dan Sejarah Timnas Skotlandia

Profil dan Sejarah Timnas Skotlandia

Tim nasional sepak bola Skotlandia (Gaelik Skotlandia: Sgioba Ball-coise NĂ iseanta na h-Alba) mewakili Skotlandia dalam sepak bola internasional pria dan dikendalikan oleh Asosiasi Sepak Bola Skotlandia.

Profil Timnas Skotlandia


Asosiasi 
:
Scottish Football Association 
Didirikan 
:
1873
Alamat 
:
Hampden Park G42 9AY Glasgow
Julukan Tim 
:
The Tartan Terriers (Scottish Gaelic: Na H-Abhagan Breacan)
Stadion Utama 
:
Hampden Park 
Penampilan Terbanyak
:
Kenny Dalglish (102)
Pencetak Gol Terbanyak 
:
Kenny Dalglish dan Denis Law (30) 
Pelatih 
:
Steve Clarke
Kapten
:
Andrew Robertson
Telepon 
:
+44 (141) 616 6000
Faks 
:
+44 (141) 616 6001 
Email 
:
info@scottishfa.co.uk
Website 
:
www.scottishfa.co.uk
Konfederasi 
:
UEFA (Eropa)
Kode FIFA 
:
SCO

Sejarah Timnas Skotlandia


Timnas Skotlandia berkompetisi di tiga turnamen profesional utama, Piala Dunia, United Nations, dan Euro. 

Skotlandia, sebagai negara Britania Raya, bukanlah anggota Komite Olimpiade Internasional dan oleh karena itu tim nasional tidak bertanding di Olimpiade. 

Mayoritas pertandingan kandang Skotlandia dimainkan di stadion nasional, Hampden Park.

Skotlandia adalah tim sepak bola nasional tertua di dunia bersama Inggris, yang mereka mainkan dalam pertandingan sepak bola internasional pertama di dunia pada tahun 1872. 

Timnas Skotlandia memiliki persaingan lama dengan Inggris, yang mereka mainkan setiap tahun dari tahun 1872 hingga 1989. 

Kedua tim hanya bertemu tujuh kali sejak itu, terakhir pada Juni 2017, dengan pertandingan grup yang akan datang selama Euro 2020.

Timnas Skotlandia telah lolos ke Piala Dunia delapan kali dan Euro tiga kali, tetapi tidak pernah melaju melampaui babak penyisihan grup pertama turnamen final. 
Tim ini telah mencapai beberapa hasil yang patut dicatat, seperti mengalahkan pemenang Piala Dunia 1966 Inggris 3-2 di Stadion Wembley pada tahun 1967. 

Archie Gemmill mencetak apa yang digambarkan sebagai salah satu gol Piala Dunia terbaik yang pernah ada dalam kemenangan 3-2 selama Piala Dunia 1978 melawan Belanda, yang mencapai final turnamen.

Dalam grup kualifikasi mereka untuk Euro 2008, Skotlandia mengalahkan runner-up Piala Dunia 2006 Prancis 1-0.

Pendukung Skotlandia secara kolektif dikenal sebagai Tentara Tartan. Asosiasi Sepak Bola Skotlandia menjalankan daftar kehormatan untuk setiap pemain yang telah membuat lebih dari 50 penampilan untuk Skotlandia.

Kenny Dalglish memegang rekor penampilan Skotlandia, bermain sebanyak 102 kali antara 1971 dan 1986. Dalglish mencetak 30 gol untuk Skotlandia dan berbagi rekor gol terbanyak yang dicetak bersama Denis Law.

Timnas Skotlandia di Euro 2020


Skotlandia akan berpartisipasi dan menjadi tuan rumah tiga pertandingan grup dan pertandingan 16 besar di Euro 2020, yang diadakan di tempat-tempat di seluruh Eropa.

Di Euro 2020, Timnas Skotlandia tergabung kedalam Grup D bersama dengan Timnas InggrisTimnas Kroasia, dan Timnas Republik Ceko.