Profil dan Sejarah Timnas Ceko

Timnas Republik Ceko

Tim sepak bola nasional Republik Ceko (Ceko: Česká fotbalová reprezentace) mewakili Republik Ceko dalam turnamen sepak bola internasional. Secara historis, tim ini pernah berpartisipasi dalam kompetisi FIFA dan UEFA sebagai Bohemia dan Cekoslowakia.

Profil Timnas Republik Ceko


Asosiasi 
:
Football Association of the Czech Republic (FAČR) 
Didirikan 
:
1901
Alamat 
:
Diskarska 10016017 Praha , Republik Ceko
Julukan Tim 
:
Cesti Lvi & Narodny Tym
Stadion Utama 
:
Generali Arena 
Penampilan Terbanyak
:
Petr Čech (124)
Pencetak Gol Terbanyak 
:
Jan Koller (55)
Pelatih 
:
Jaroslav Šilhavý
Kapten
:
Vladimír Darida
Telepon 
:
+420 (233) 029 111
Faks 
:
+420 (233) 353 107 
Email 
:
cmfs@fotbal.cz
Website 
:
www.fotbal.cz 
Konfederasi 
:
UEFA (Eropa)
Kode FIFA 
:
CZE

Sejarah Republik Ceko


Sebelum Perang Dunia I, Kerajaan Bohemia yang merupakan pendahulu Republik Ceko, adalah bagian dari Austria-Hongaria.

Bohemia memainkan tujuh pertandingan antara tahun 1903 hingga 1908, enam di antaranya melawan Hongaria dan satu melawan Inggris.

Kerajaan Bohemia juga memainkan pertandingan melawan Yugoslavia, Ostmark dan Jerman pada tahun 1939 sambil menjadi Protektorat Bohemia dan Moravia.

Ketika Cekoslowakia terpecah dan terpecah menjadi dua negara yakni Republik Ceko dan Slovakia, Timnas Republik Ceko kemudian dibentuk.

Pada 23 Februari 1994, Cesti Lvi memainkan pertandingan persahabatan pertama mereka di Turki, dan memenangkan laga tersebut 4-1.

Tim yang baru dibentuk ini kemdian memainkan pertandingan kandang pertama mereka. di Ostrava, melawan Lithuania, di mana mereka mencatatkan kemenangan kandang pertama mereka setelah menang dengan skor 5–3.

Piala Dunia

Saat masih bernama Czechoslovakia, Timnas Republik Ceko merupakan salah satu negara kuat di dunia sepakbola.

Narodny Tym tercatat telah lolos 9 kali dari 15 edisi Piala Dunia. Dimana dua diantaranya mereka finish sebagai Runner-up turnamen.

Yang pertama Timnas Republik Ceko melakukannya di Piala Dunia 1934 yang di gelar di Italia. Mereka harus menerima menjadi juara kedua setelah dikalahkan oleh tuan rumah di final dengan skor tipis 2-1.

Yang kedua terjadi pada Piala Dunia 1962 di Chile. Saat itu mereka di kalahkan oleh Tim kuat Brasil di final 3-1.

Sementara setelah menjadi Republik Ceko yakni sejak tahun 1993, Tim ini baru sekali lolos yakni pada edisi 2006 di Jerman dan tersingkir sejak babak penyisihan grup.

Total, negara ini telah lolos ke Piala Dunia sebanyak 10 kali dari 21 edisi yang telah di gelar.

Euro

Ketika masih bernama Czechoslovakia, tim ini pernah sekali menjuarai Euro, yakni di tahun 1976 di Yugoslavia.

Timnas Republik Ceko memastikan diri sebagai Juara Piala Eropa setelah mengalahkan Jerman Barat lewat babak adu penalti dengan skor 5-3.

Hebatnya, itu adalah partisipasi kedua mereka di Euro setelah terakhir kali bermain di tahun 1960.

Setelah ini mereka sekali lagi lolos ke Euro akan tetapi hanya menempati peringkat ketiga setelah terhenti di babak semifinal dan mengalahkan Tim tuan rumah Italia lewat penalti 9-8.

Sesudah Czechoslovakia terpecah, Timnas Ceko kemudian memainkan pertandingan kompetitif perdana mereka dalam kualifikasi Euro 1996, di mana mereka mengalahkan Malta 6-1 di Ostrava.

Selama kampanye tersebut, Cesti Lvi mencatatkan enam kemenangan, tiga imbang, dan satu kekalahan.

Mereka meyelesaikan kualifikasi Euro 1996 sebagai juara grup 5 diatas tim favorit, belanda. Narodny Tym kemudian menjadi kuda hitam di Euro 1996 dengan lolos ke final.

Akan tetapi mereka harus puas menempati peringkat kedua setelah kalah di laga tersebut dari Jerman dengan skor 2-1 di babak perpanjangan waktu.

Setelah ini mereka terus lolos secara beruntun ke tujuh edisi Euro yang berbeda termasuk di tahun 2020 nanti.

Total, sejak pertama kali turnamen ini di gelar pada tahun 1960, Timnas Republik Ceko telah lolos sebanyak 10 kali dari 16 edisi Euro yang telah dimainkan.

Timnas Republik Ceko di Euro 2020


Timnas Republik Ceko finis sebagai runner-up Grup A di bawah Timnas Inggris di babak kulifikasi. Hasil tersebut membawa Kedua tim lolos langsung ke Piala Eropa 2020.

Di Euro 2020, Ceko tergabung kedalam Grup D bersama dengan Timnas KroasiaTimnas Inggris dan Timnas Skotlandia.