Profil dan Sejarah Timnas Jerman

Timnas Jerman

Tim sepak bola nasional Jerman (Bahsa Jerman: Deutsche Fußballnationalmannschaft atau Die Mannschaft) mewakili Jerman dalam sepak bola internasional pria dan memainkan pertandingan pertamanya pada tahun 1908. Tim ini berada dibawah kendali Deutscher Fußball-Bund), yang didirikan pada tahun 1900.

Profil Timnas Jerman


Asosiasi 
:
Deutscher Fußball-Bund (DFB) 
Didirikan 
:
1900
Alamat 
:
Otto-Fleck-Schneise 660528 Frankfurt am Main, Jerman
Julukan Tim 
:
Nationalelf (national eleven), DFB-Elf (DFB Eleven,) & Die Mannschaft (The Team)
Stadion Utama 
:
Olympiastadion Berlin & Allianz Arena
Penampilan Terbanyak
:
Lothar Matthäus (150)
Pencetak Gol Terbanyak 
:
Miroslav Klose (71) 
Pelatih 
:
Joachim Löw
Kapten
:
Manuel Neuer
Telepon 
:
+49 (69) 678 80
Faks 
:
+49 (69) 678 8266 
Email 
:
info@dfb.de
Website 
:
www.dfb.de
Konfederasi 
:
UEFA (Eropa)
Kode FIFA 
:
GER

Sejarah Timnas Jerman


Delapan tahun setelah berdirinya Asosiasi Sepak Bola Jerman (DFB), Timnas Jerman memainkan pertandingan resmi perdananya pada pada 5 April 1908, melawan Swiss di Basel. Laga ini dimenangkan oleh Swiss dengan skor 5-3.

Pada Olimpiade 1912 di Stockholm, penyerang Jerman Gottfried Fuchs mencatatkan rekor dunia setelah mencetak 10 gol dalam kemenangan 16-0 atas Rusia di turnamen tersebut.

Rekor ini terus bertahan hingga 88 tahun lamanya sebelum di pecahkan oleh Striker Australia, Archie Thompson saat mencetak 13 gol kegawang Samoa Amerika dalam satu pertandingan pada tahun 2001.

Tiga Tim Nasional

Setelah Perang Dunia II berakhir, Jerman terbagi menjadi tiga bagian yakni Jerman Barat, Jerman Timur, dan Saarland dimana semuanya dilarang tampil di sebagian besar komeptisi internasional sampai 1950.

Republik Federal Jerman, atau yang juga disebut sebagai Jerman Barat, menghidupkan kembali DFB dan mendapatkan pengakuan penuh dari FIFA yang membuat Jerman Barat diperbolehkan mengikuti Kualifikasi Piala Dunia dan lolos ke Piala Dunia 1954.

Sementara Saarland, yang berada dalam kendali Prancis selama rentang waktu 1947 hingga 1956, tidak bergabung dengan organisasi Prancis dan memutuskan mengirim tim mereka sendiri ke Olimpiade Musim Panas 1952 dan ke kualifikasi Piala Dunia 1954.

Setelah ini Saarland memilih untuk mengaksesi Republik Federal Jerman.

Tiga tahun setelah Republik Demokratik Jerman komunis (Jerman Timur) didirikan, pada tahun 1952 mereka mendirikan federasi sepakbola sendiri dan di beri nama Deutscher Fußball-Verband der DDR (DFV).

Negara ini adalah satu-satunya tim yang mampu mengalahkan Jerman Barat di Piala Dunia 1974.

Jerman Timur kemudian memenangkan medali emas di Olimpiade 1976. Setelah penyatuan kembali Jerman pada tahun 1990, kompetisi sepakbola timur diintegrasikan kembali ke dalam DFB.

Piala Dunia

Timnas Jerman pertama kali berkompetisi di Piala Dunia pada tahun 1934. Sebenarnya mereka diundang untuk berpartisipasi di edisi perdana 1930 akan tetapi saat itu Jerman memilih absen karena alasan ekonomi.

Jerman telah memenangkan Piala Dunia empat kali yang membuat mereka menyamai pencapaian Italia yang lebih dulu mengoleksi 4 Trofi.

Jerman dan Italia menempati posisi kedua sebagai negara dengan koleksi trofi Piala Dunia terbanyak dibawah Brasil yang telah memenangkan 5 Trofi.

Selain itu Jerman juga tercatat telah empat kali keluar sebagai runner-up dan Juara ketiga turnamen empat tahunan ini.

Dari 16 edisi Piala Dunia yang Telah Jerman mainkan sejak tahun 1954 hingga 2014, Die Mannschaft selalu mencapai setidaknya hingga babak delapan besar.

Timnas Jerman pertama kali menjadi juara Piala Dunia pada tahun 1954 tepat di debut mereka setelah di larang tampil di kompetisi internasional.

Die Mannschaft memastikan diri merengkuh trofi Piala Dunia perdana mereka setelah mengalahkan Hungaria 3-2 di final.

20 tahun kemudian Jerman terpilih sebagai tuan rumah dan kembali memenangkan Piala Dunia untuk yang kedua kalinya setelah mengandaskan Belanda di final dengan skor 1-2.

Di tahun 1990, Timnas Jerman mengulangi kesuksesan mereka dalam merengkuh trofi Piala Dunia setelah mengalahkn Timnas Argentina di final dengan skor tipis 1-0.

Pada tahun 2006 Jerman kembali terpilih sebagai tuan rumah, akan tetapi Die Mannschaft gagal mengulangi kesuksesan mereka pada tahun 1974 setelah dikalahkan Italia di semifinal 2-0.

Italia kemudian menjadi Juara, sementara Jerman hanya menempati peringkat ketiga setelah mengalahkan Portugal 3-1.

Penantian Timnas Jerman untuk kembali bisa mengangkat trofi Piala Dunia akhirnya terwujud pada edisi 2014 Brasil.

Saat itu, Die Mannschaft tampil luara biasa sejak turnamen resmi dibuka dan yang paling sangat dikenang adalah saat mereka menghancurkan tim tuan rumah Brasil dengan skor telak 1-7.

Timnas Jerman memastikan diri merengkuh trofi Piala Dunia keempat mereka setelah mengalahkan Argentina 1-0 di babak perpanjangan waktu.

Euro

Jerman telah berpartisipasi dalam dua belas edisi Euro, Dimana lima di antaranya sebagai Jerman Barat dan tujuh di antaranya sebagai Jerman saat ini.

Mereka juga dipastikan akan berpartisipasi dalam Euro 2020 mendatang, serta Euro 2024 sebagai tuan rumah.

Timnas Jerman merupakan pemegang tiga gelar Eropa. Yang pertama, mereka menangkan di Belgia tahun 1972 setelah mengalahkan Uni Soviet 3-0 di final.

Kemudian yang kedua terjadi di Italia 1980 setelah mengalahkan Belgia dengan skor tipis 1-2 di final.

Lalu yang terakhir di Inggris 1996 setelah mengalahkan Republik Ceko 2-1 berat golden gol yang diciptakan oleh Oliver Bierhoff di babak perpanjangan waktu.

Dari total pertisipasi mereka di turnamen ini, Timnas Jerman hanya tiga kali gagal lolos dari penyisihan grup yakni pada tahun 1984, 2000, dan 2004. Selebihnya mereka setidaknya selalu mencapai partai semifinal.

Piala Konfederasi

Timnas Jerman telah berpartisipasi sebanyak tiga kali Di Piala Konfederasi yaitu pada 1999, 2005, dan 2017.

Prestasi tertinggi Timnas Jerman di turnamen ini adalah keluar sebagai Juara pada tahun 2017 lalu setelah mengalahkan Chili dengan skor tipis 1-0 di final.

Timnas Jerman di Euro 2020


Timnas Jerman lolos ke Euro 2020 setelah mereka menjadi pemuncak klasmen Grup C pada babak kualifikasi dengan catatan 7 menang, 1 Imbang Mencetakk 30 gol dan hanya kebobolan 7 gol dari delapan laga yang mereka mainkan.

Di Euro 2020, Timnas Jerman masuk kedalam Grup F bersama dengan Timnas HungariaTimnas Prancis dan Timnas Portugal .