Emirates Stadium - Stadion Kandang Arsenal

Emirates Stadium Stadion Kandang Arsenal

Nama:Emirates Stadium
Kapasitas:59.867
Dibuka:22 Juli 2006
Alamat:Holloway, London , N5 , Inggris
Stadion Kandang:Arsenal FC
Pemilik:Arsenal Holdings plc
Operator:Arsenal Holdings plc
Ukuran lapangan:105 m × 68 m (~114 x 74 yards)
Permukaan:Rumput
Biaya konstruksi:390 Juta Pound
Arsitek:Populous
Structural Engineer:Buro Happold
Services Engineer:Buro Happold
General Contractor:Sir Robert McAlpine
Nilai UEFA:⭐⭐⭐⭐
Rekor Penonton:60,161 (Arsenal vs Manchester United, 3 November 2007)

Emirates Stadium atau Stadion Emirates adalah Stadion kandang dari klub Arsenal yang digunakan untuk Pertandingan di Liga Premier Inggris dan Kompetisi UEFA.

Stadion Emirates sebelumnya dikenal dengan nama Ashburton Grove sebelum masuknya Sponsor.

Dengan kapasitas hampir 60.000 kursi, menjadikan Stadion ini sebagai Stadion sepakbola terbesar ketiga di Inggris setelah Stadion Wembley dan Old Trafford milik klub Manchester United.

Pada tahun 1997, Arsenal Merencakan untuk pindah ke stadion baru, namun saat itu tidak terlaksana karena izin Perencanaan ditolak oleh Dewan Islington.

Setelah mempertimbangkan berbagai pilihan (termasuk membeli Stadion Wembley), Arsenal memutuskan membeli sebuah industri dan pembuangan limbah di Ashburton Grove pada tahun 2000.

Setahun kemudian, mereka menerima persetujuan dewan untuk membangun stadion di situs tersebut; Manajer Arsene Wenger menggambarkan ini sebagai "keputusan terbesar dalam sejarah Arsenal".

Relokasi dimulai pada 2002, tetapi karena kesulitan keuangan pembangunan tertunda hingga Februari 2004.

Emirates Stadium kemudian diumumkan sebagai sponsor utama untuk stadion. Seluruh proyek stadion selesai pada tahun 2006 dengan biaya sebesar 390 juta Pounds.

Sementara stadion bekas klub dibangun kembali dengan nama Highbury Square, dan sebuah kompleks apartemen.

Selain digunakan untuk acara olahraga, Stadion ini juga digunakan untuk venue konferensi antara Perdana Menteri Inggris Gordon Brown dan Presiden Prancis Nicolas Sarkozy.

Selain itu stadion ini juga pernah dipakai untuk acara audisi reality show seperti X Factor, Britain's Got Talent dan Big Brother.

Dan Pada 2016 lalu, Stadion juga ini digunakan untuk program Celebrity Masterchef, di mana para kontestan menyiapkan makanan untuk anggota staf klub.