Allianz Stadium - Stadion Kandang Juventus

Allianz Stadium - Stadion Kandang Juventus

Nama:Allianz Stadium
Kapasitas:41,507
Dibuka:8 September 2011
Alamat:Corso Gaetano Scirea, 50 10151 Turin, Italy
Stadion Kandang:Juventus
Pemilik:Juventus F.C.
Opertaor:Juventus F.C.
Ukuran lapangan:105 m × 68 m (344 ft × 223 ft)
Permukaan:Rumput
Biaya konstruksi:155 Juta Euro
Arsitek:Hernando Suarez
Gino Zavanella
Giorgetto Giugiaro
Structural Engineer:Francesco Ossola
Massimo Majowiecki
Nilai UEFA:⭐⭐⭐⭐
Rekor Penonton:41,470 vs Roma (17 Desember 2016, Serie A)

Juventus Stadium atau juga dikenal dengan nama Allianz Stadium karena hak sponsorship adalah Stadion kandang dari klub Juventus FC.

Pada awal beridirnya di tahun 2011 stadion ini bernama Juventus Stadium dan setelah masuknya Allianz sebagai Sponsor barulah Stadion ini berganti nama menjadi nama Perusahaan tersebut.

Stadion ini dibangun di atas lahan bekas Stadion Delle Alpi. Beberapa perbedaan antara stadion sebelumnya dengan stadion yang baru ini, antara lain jarak tribun yang sangat dekat dengan lapangan, yaitu sekitar 7,5 meter.

Sementara jarak grandstand utama stadion ini berjarak sekitar 49 meter dari lapangan. Stadion Juventus ini mengambil model dari stadion-stadion di Inggris.

Opening ceremony Juventus Stadium diadakan pada 8 September 2011, dengan memainkan pertandingan persahabatan melawan Notts County. Juve memilih Tim asal Inggris tersebut sebagai tamu kehormatan karena Jersey garis hitam putih yang dipakai Juventus saat ini terinspirasi oleh warna jersey County.

Laga persahabatan tersebut berakhir dengan skor 1-1. Luca Toni menjadi pemain pertama yang mencetak gol di Allianz Stadium.

Setahun berselang, giliran Notts County yang mengundang Juventus sebagai tamu kehormatan mereka dalam acara perayaan ulang tahun ke 150 tim asal inggris tersebut dan memainkan laga persahabatan di Meadow Lane pada 2012.

Pertandingan kompetitif pertama yang di mainkan di Allianz Stadium terjadi tiga hari kemudian saat Juventus betanding melawan Parma. di mana Stephan Lichtsteiner mencetak gol kompetitif pertama stadion pada menit ke-16.

Dari 100 pertandingan liga Italia pertama mereka di Stadion ini, Juventus hanya menelan kekalahan sebanyak 3 kali.

Selain itu, Allianz Stadium juga pernah digunakan untuk menggelar final Liga Europa 2014, pertandingan timnas Italia, dan acara non olahraga.