Tujuan Dari Mengontrol Bola Dalam Sepak Bola Adalah

Tujuan Dari Mengontrol Bola Dalam Sepak Bola Adalah source pexels-stanley-morales-3148452

Tujuan dari mengontrol bola dalam sepak bola adalah agar dapat mengatur tempo permainan sesuai dengan keinginan tim, serta untuk dapat mengalihkan laju permainan ke arah yang diinginkan.

Selain itu, dengan mengontrol bola dengan baik, pemain juga akan lebih mudah untuk mengoper atau mengumpan kepada rekan satu timnya, sehingga dapat memudahkan dalam membuat serangan yang tepat.

Dengan demikian, mengontrol bola merupakan hal yang sangat penting dalam permainan sepak bola, karena dapat mempengaruhi kemampuan tim dalam mencapai kemenangan.

Mengontrol bola menggunkan kaki

Tujuan Dari Mengontrol Bola Dalam Sepak Bola Adalah

Ada beberapa tujuan utama dari mengontrol bola dalam permainan sepak bola, diantaranya:

Mengatur tempo permainan: Dengan mengontrol bola dengan baik, pemain dapat mengatur tempo permainan sesuai dengan keinginan tim, sehingga dapat mempengaruhi kecepatan pertandingan.

  • Mengalihkan laju permainan: Pemain yang mampu mengontrol bola dengan baik juga dapat memindahkan laju permainan ke arah yang diinginkan, sehingga dapat mengalihkan serangan lawan dan membuat ruang untuk menyerang.
  • Memudahkan mengoper atau mengumpan kepada rekan: Dengan mengontrol bola dengan baik, pemain juga akan lebih mudah untuk mengoper atau mengumpan kepada rekan satu timnya, sehingga dapat memudahkan dalam membuat serangan yang tepat.
  • Meningkatkan kemampuan diri: Selain itu, dengan terus berlatih mengontrol bola, pemain juga akan meningkatkan kemampuan diri dalam mengelola bola, sehingga dapat membantu tim dalam memenangkan pertandingan.

Dalam permainan sepak bola, terdapat beberapa bagian anggota tubuh yang biasa digunakan untuk mengontrol bola, diantaranya:

  • Kaki: Bagian kaki yang biasa digunakan untuk mengontrol bola adalah kaki bagian dalam, kaki bagian luar, punggung kaki, dan telapak kaki.
  • Paha: Pemain juga dapat mengontrol bola dengan menggunakan paha, terutama ketika bola sedang berada di udara dan harus dijangkau dengan cepat.
  • Dada: Selain itu, pemain juga dapat mengontrol bola dengan menggunakan dada, terutama ketika bola sedang berada di udara dan harus diarahkan ke arah yang diinginkan.

Mengontrol bola menggunakan dada

Baca juga : Salah Satu Teknik Badan Pada Permainan Sepak Bola Adalah

Cara mengontrol bola dengan benar

Dalam permainan sepak bola, pemain harus memahami beberapa teknik mengontrol bola yang tersedia, karena setiap teknik memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda.

Oleh karena itu, pemain harus bisa menyesuaikan teknik yang digunakan sesuai dengan preferensi dan kebutuhan dalam bermain.

Beberapa teknik mengontrol bola yang sering digunakan di antaranya adalah menggunakan kaki, paha, atau dada untuk mengontrol bola.

Pemain juga dapat menggunakan teknik mengoper atau mengumpan kepada rekan satu timnya untuk dapat mengontrol bola dengan lebih baik.

1. Untuk Menahan Bola Menggunakan Kaki Bagian Dalam

  • Pertama-tama Anda perlu menghadap ke arah datangnya bola dan memperhatikan arah gerakannya.
  • Kemudian, pergelangan kaki yang akan digunakan untuk menahan bola harus diputar ke arah luar.
  • Setelah itu, julurkan kaki tersebut ke arah datangnya bola. Ketika bola sudah menyentuh bagian dalam kaki, tarik kembali kaki ke belakang sesuai arah bola sehingga kaki berfungsi seperti pengerem laju bola dan berhenti di depan badan.
  • Tumpuan badan kembali pada kaki yang tidak dipakai untuk menahan bola.

Untuk Menahan Bola Menggunakan Kaki Bagian Luar

  • Pertama-tama Anda perlu menghadap ke arah datangnya bola dan memperhatikan arah gerakannya.
  • Kemudian, pergelangan kaki yang akan digunakan untuk menahan bola harus diputar ke arah dalam.
  • Setelah itu, julurkan kaki tersebut ke arah datangnya bola. Saat bola sudah menyentuh bagian luar kaki, tarik kembali kaki ke belakang sesuai arah bola.
  • Gerakan ini berfungsi untuk mengerem laju bola dan berhenti di depan badan.
  • Tumpuan badan kembali pada kaki yang tidak dipakai untuk menahan bola.

Baca juga : Pengertian Dari Kombinasi Keterampilan Pada Teknik Dasar Sepak Bola

Mengontrol Bola Dengan Menggunakan Dada

Mengontrol bola dengan menggunakan dada merupakan teknik yang berguna untuk mengendalikan bola saat bermain sepak bola. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengontrol bola dengan menggunakan dada:

  • Persiapkan posisi tubuh yang tepat. Pastikan tubuh Anda berada dalam posisi yang stabil dan seimbang, dengan kaki yang terpisah selebar bahu dan dada terangkat sedikit ke atas.
  • Perhatikan arah datangnya bola. Jika bola datang dari atas, Anda perlu mengangkat dada lebih tinggi untuk mengantisipasi bola yang akan datang. Jika bola datang dari samping, Anda perlu memiringkan tubuh sedikit ke arah bola.
  • Tentukan arah yang akan diambil setelah mengontrol bola. Sebelum mengontrol bola, pikirkan terlebih dahulu arah yang akan diambil setelah mengontrol bola. Ini akan membantu Anda dalam menentukan cara terbaik untuk mengontrol bola.
  • Kontrol bola dengan menggunakan dada. Ketika bola sudah menyentuh dada, tekan bola ke bawah dengan dada Anda dan pusingkan badan Anda sedikit ke arah yang telah Anda tentukan sebelumnya.
  • Gunakan kaki untuk membantu mengontrol bola. Setelah mengontrol bola dengan dada, Anda dapat menggunakan kaki untuk membantu mengontrol bola. Ini bisa dilakukan dengan menendang bola ke arah yang telah Anda tentukan atau dengan menggunakan bagian depan kaki untuk mengendalikan bola ke arah yang diinginkan.
  • Latih terus teknik ini untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam mengontrol bola. Mengontrol bola dengan menggunakan dada merupakan teknik yang cukup sulit. Jadi perlu latihan yang terus-menerus untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam mengontrol bola dengan menggunakan dada.

Keuntungan Seorang Pemain Bisa Mengontrol Bola

Ada beberapa keuntungan yang diperoleh jika seorang pemain bisa mengontrol bola dengan baik dalam permainan sepak bola, antara lain:

  • Mampu mempertahankan bola lebih lama: Seorang pemain yang mampu mengontrol bola dengan baik dapat mempertahankan bola lebih lama. Sehingga timnya memiliki waktu yang lebih banyak untuk merencanakan serangan atau strategi permainan yang tepat.
  • Mampu mengelabui lawan: Dengan kemampuan mengontrol bola yang baik. Seorang pemain dapat mengelabui lawannya dengan mudah dan membuka ruang untuk menyerang atau melepaskan tembakan ke gawang lawan.
  • Meningkatkan kontrol permainan: Kemampuan mengontrol bola dengan baik memungkinkan seorang pemain untuk lebih banyak mengontrol permainan. Baik dari segi kecepatan maupun arah serangan.
  • Meningkatkan kepercayaan diri. Seorang pemain yang mampu mengontrol bola dengan baik akan merasa lebih percaya diri dan dapat bermain dengan lebih bebas dan tenang.
  • Meningkatkan kualitas permainan: Kemampuan mengontrol bola dengan baik merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan kualitas permainan tim. Karena tim dapat bermain dengan lebih terkoordinasi dan teratur.

Baca juga : Hal Yang Menentukan Kemenangan Saat Pertandingan Sepak Bola Mini

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan mengontrol bola merupakan salah satu kompetensi yang sangat penting bagi seorang pemain sepak bola.

Kemampuan ini dapat membantu pemain dalam mempertahankan bola lebih lama, mengelabui lawan, meningkatkan kontrol permainan, meningkatkan kepercayaan diri, dan meningkatkan kualitas permainan tim.

Oleh karena itu. Latihan terus-menerus dan memperdalam teknik mengontrol bola merupakan hal yang penting dari tujuan dari mengontrol bola dalam sepak bola.

Share This :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *