Sejarah Sepak Bola Hingga Perkembangan di Zaman Modern

Sejarah Sepak Bola

Sejarah Sepak Bola Menurut Football History, sepak bola sebenarnya sudah ada sejak abad ke-3 dan 2 SM di China, dengan nama permainan Cuju.

Kali ini Bolanezia akan mengulas sejarah sepak bola, salah satu olahraga yang paling populer di dunia.

Sepak bola telah berkembang dari permainan yang dimainkan di Inggris pada abad ke-19 menjadi olahraga global yang digemari oleh jutaan orang di seluruh dunia.

Kami akan mengeksplorasi asal-usul permainan ini, perkembangan sepak bola modern, dan peran penting yang dimainkan oleh organisasi-organisasi sepak bola di seluruh dunia.

Kami juga akan mengeksplorasi bagaimana sepak bola telah menjadi bagian dari budaya dan kebudayaan di berbagai negara.

Postingan ini diharapkan akan menjadi sumber informasi yang menarik bagi siapa saja yang ingin belajar lebih banyak tentang sejarah sepak bola.

Sejarah Sepak Bola dunia

Sejarah Sepak Bola Dunia

Asal mula sepak bola masih menjadi perdebatan sampai saat ini. Beberapa teori menyatakan bahwa permainan ini berasal dari negara Inggris, sementara teori lain menyatakan bahwa sepak bola berasal dari negara lain.

Namun, fakta yang ditemukan dari berbagai sumber menunjukkan bahwa sejarah sepak bola telah ada sejak jaman dahulu.

Beberapa artefak yang ditemukan dari peradaban Maya, Mesir, Tiongkok, dan Romawi menunjukkan bahwa permainan bola dengan kaki telah dimainkan pada zaman itu.

Dalam permainan ini, para pemain menggunakan bola bundar dan bermain di atas lapangan tanah persegi, dengan tujuan menendang bola ke jaring kecil.

Meskipun demikian, sepak bola modern yang kita kenal saat ini mulai berkembang di Inggris pada abad 19, dengan ditetapkannya peraturan dasar yang sama untuk semua klub yang berpartisipasi, dan menjadi sangat populer di kalangan masyarakat.

Sepak bola yang awalnya menjadi fenomena di Inggris, mulai menyebar ke negara-negara Eropa lainnya.

Pada tahun 1904, Federasi Internasional Sepak Bola (FIFA) dibentuk untuk mengatur kompetisi-kompetisi sepak bola di negara-negara tersebut.

Pada awal tahun 1900-an, berbagai pertandingan diadakan di negara-negara tersebut. Sepak bola juga dimasukkan sebagai olahraga resmi dalam Olimpiade pada tahun 1908.

Pada tahun 1930, Piala Dunia atau World Cup diadakan untuk pertama kalinya di Uruguay, yang menyebar popularitas sepak bola di dunia internasional.

Sejarah piala dunia pertama kali uruguay menjadi juara pada tahun 1930
Uruguay menjuarai Piala Dunia Pertama Tahun 1930

Kemudian pada tahun 1996, sepak bola wanita ditambahkan ke dalam kompetisi Piala Dunia, membuat olahraga ini semakin digemari oleh semua kalangan.

Sepak Bola di Zaman Modern

Pada abad modern, sejarah sepak bola sangat berkembang di Inggris dengan didirikannya The Football Association (FA).

Pemerintah Inggris pada abad ke-19 mengakui bahwa sepak bola baik untuk kesehatan tubuh, sehingga banyak pelajar dan mahasiswa yang mulai memainkannya dengan aturan yang berbeda-beda.

Salah satu universitas yang membuat aturan tersendiri adalah Cambridge University, yang memperkenalkan aturan sepak bola yang memperbolehkan menggunakan tangan dan kaki.

Namun, aturan tersebut tidak disetujui oleh masyarakat sipil, sehingga akhirnya diadaptasi untuk permainan rugby.

Pada tahun 1863, The Football Association (FA) dibentuk sebagai badan resmi yang mengatur sepak bola di Inggris, yang anggotanya kebanyakan dari masyarakat sipil.

Dengan didirikannya FA, aturan sepak bola menjadi seragam dan diterapkan di seluruh Inggris. Baca juga Salah Satu Teknik Badan Pada Permainan Sepak Bola.

Sejarah Sepak Bola Indonesia, dari Masa Hindia Belanda hingga Lahir PSSI

Sejarah Sepak Bola Indonesia

Organisasi resmi sepak bola yang dibentuk saat masa penjajahan Belanda di Indonesia adalah Nederland Indische Voetballbond (NIVB), yang didirikan oleh orang-orang Belanda.

Organisasi sepak bola yang didirikan oleh orang Indonesia sendiri muncul pada 1920-1930 dengan menggunakan klub berbahasa Belanda, seperti klub Persis Solo dengan nama Vortenlandsche Voetbal Bond (VVB) dan Persib Bandung dengan nama Bandungsche Indonesische Voetbalbond (BIVB).

Setelah itu, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dibentuk pada tanggal 19 April 1930 di Yogyakarta.

Pembentukan PSSI ini menjadi awal sejarah sepak bola Indonesia. Menurut buku “Soeratin Sosroegondo: Menentang Penjajahan Belanda dengan Sepak Bola Kebangsaan”. PSSI dibentuk dengan tujuan untuk menentang diskriminasi yang dilakukan oleh NIVB.

PSSI kemudian menyelenggarakan kompetisi sepak bola sendiri pada tahun 1931, yang bernama Stedenwerd I yang diikuti oleh tujuh klub anggota awal PSSI. Kompetisi pertama diadakan di alun-alun Keraton Solo.

Setelah kompetisi pertama berlangsung sukses, PSSI terus menyelenggarakan kompetisi rutin setiap tahun di beberapa kota besar.

Namun, untuk mengadakan kompetisi rutin, PSSI mengalami beberapa kendala. Salah satunya adalah pembatasan dari tentara Jepang dan perang kemerdekaan Indonesia yang menyebabkan PSSI tidak dapat menyelenggarakan kompetisi sepak bola sampai tahun 1949.

Kemudian pada tahun 1951, setelah kemerdekaan Indonesia, PSSI kembali menyelenggarakan kompetisi dengan nama Kejuaraan Nasional (Kejurnas) PSSI. Selama perjalanan waktu, nama kompetisi sepak bola di Indonesia berubah-ubah.

PSSI saat ini telah memperluas jenis kompetisi dan pertandingan yang diadakannya, mulai dari Divisi Utama Perserikatan, Galatama, Liga Indonesia, hingga Liga 1.

Tujuan dari perkembangan ini adalah untuk menemukan pemain-pemain nasional berkualitas di semua jenjang umur, baik untuk timnas putera maupun timnas puteri. Baca juga Berikut Ini Merupakan Teknik Dasar Dalam Permainan Sepak Bola Kecuali.

Perkembangan dan Peraturan Sepak Bola Sesuai Regulasi FIFA

Menurut buku Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, negara-negara yang menjadi anggota FIFA harus menaati semua peraturan permainan yang ditetapkan. Ini termasuk rincian sebagai berikut:

Lapangan

  • Panjang lapangan sepak bola berkisar antara 100 – 110 meter
  • Lebar lapangan sepak bola berkisar antara 64 – 75 meter
  • Tinggi dari tiang bendera sudut adalah 1,5 meter
  • Jari-jari lingkaran setiap bendera sudut adalah 1 meter
  • Lebar garis lapangan, diameter tiang dan palang gawang adalah 12 cm

Baca lebih lengkap disini : Lapangan sepak Bola : Ukuran, Panjang, Lebar Lengkap Dengan Gambar

Bola

  • Bola sepak bola berbentuk bundar/bulat
  • Terbuat dari bahan kulit
  • Lingkaran bola 68 cm – 70 cm
  • Berat bola 410 gram – 450 gram
  • Tekanan udara yang dianjurkan adalah 0,6 atm – 1,1 atm.

Jumlah Pemain

Sepak bola dimainkan oleh dua regu, setiap regu terdiri dari 11 pemain termasuk penjaga gawang. Masing-masing regu boleh memiliki maksimal 12 pemain cadangan dan jumlah pemain yang diizinkan untuk digantikan (kecuali karena cedera). Maksimal 4 orang, dengan jumlah pemain minimal di lapangan sebanyak 7 orang.

Perlengkapan pemain

  • Baju kaos atau jersey olahraga
  • Celana pendek (jika memakai celana dalam penghangat, harus sama warna dengan celana pendek utama)
  • Kaos kaki
  • Pelindung tulang kering (shinguard)
  • Sepatu
  • Wasit
  • Selain pemain dan perlengkapannya, FIFA juga menetapkan peraturan dan tugas wasit, antara lain:

Wewenang dan Keputusan Wasit

Wewenang wasit dalam pertandingan sepak bola adalah kuasa untuk mengambil keputusan dan menegakkan peraturan permainan serta mengontrol jalannya pertandingan.

Wasit memiliki kewenangan dalam hal mengambil keputusan tentang pelanggaran, memberikan kartu kuning dan kartu merah, mengubah posisi bola, menghentikan atau melanjutkan pertandingan serta memberikan tambahan waktu jika diperlukan.

Wasit juga memiliki wewenang untuk mengambil keputusan akhir tentang hasil pertandingan, termasuk gol atau tidak gol, offside, dan handball.

Selain itu wasit bekerja sama dengan asisten wasit dan pengadil garis untuk membantu dalam mengambil keputusan dan mengontrol jalannya pertandingan.

Kata Penutup

Secara keseluruhan, sepak bola merupakan olahraga yang memiliki sejarah sepak bola yang panjang dan kompleks.

Mulai dari asal-usulnya yang masih diperdebatkan, perkembangan di berbagai negara, hingga peraturan yang ditetapkan oleh FIFA.

Keberadaan wasit sangat penting dalam mengontrol jalannya pertandingan dan mengambil keputusan yang tepat sesuai dengan peraturan permainan.

Namun, di balik semua itu, sepak bola tetap menjadi olahraga yang digemari oleh banyak orang di seluruh dunia. (Bolanezia.net)

Share This :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *