Lapangan sepak Bola : Ukuran, Panjang, Lebar Lengkap Dengan Gambar

Lapangan sepak Bola

Lapangan sepak bola untuk mengadakan pertandingan sepak bola resmi, lapangan harus sesuai dengan ukuran standar Internasional yang ditentukan oleh FIFA.

Permainan ini menggunakan bola besar yang dimainkan oleh dua regu yang saling berlawanan.

FIFA, sebagai organisasi sepak bola global, telah menetapkan standar ukuran lapangan sepak bola.

Biasanya, lapangan sepak bola standar FIFA menggunakan rumput alami, tetapi ada juga yang menggunakan rumput sintetis.

Tidak hanya digunakan dalam pertandingan internasional, standar ukuran lapangan yang ditentukan oleh FIFA juga digunakan dalam pertandingan nasional.

FIFA memberikan panduan tentang ukuran lebar dan panjang lapangan sepak bola, di mana panjang lapangan berkisar antara 90 hingga 120 meter dan lebar antara 45 hingga 90 meter.

Ukuran Lapangan Sepak Bola Menurut Standar FIFA

Standar ukuran lapangan sepak bola yang digunakan dalam pertandingan internasional diatur oleh FIFA sebagai organisasi yang mengatur olahraga sepak bola di dunia.

Lapangan sepak bola memiliki beberapa bagian penting, seperti garis dan lingkaran tengah, garis gawang, dan kotak penalti.

Ukuran lapangan olahraga sepak bola berbentuk persegi panjang dengan ukuran dan keterangan yang sesuai dengan Hukum Permainan atau Laws of The Game FIFA dapat ditemukan untuk memberikan gambaran yang lebih jelas.

Lapangan sepak bola memiliki ukuran yang ditentukan oleh FIFA, yaitu: panjang 90-120 meter dan lebar 45-90 meter.

Baca juga : Berikut Ini Merupakan Teknik Dasar Dalam Permainan Sepak Bola

Di tengah lapangan terdapat lingkaran dengan radius 9,15 meter. Kotak penalti juga memiliki ukuran yaitu panjang 40 meter dan lebar 16,5 meter, dengan luas 40,3 x 16,5 meter. Jarak dari tendangan penalti adalah 11 meter.

Gawang memiliki panjang 18,32 meter (5,5 meter + 5,5 meter + 7,32 meter) dan lebar 5,5 meter, tinggi 2,4 meter, dan lebar gawang 7,3 meter.

Kotak kiper memiliki luas 18,3 x 5,5 meter. Garis luar lapangan berjarak 9,15 meter dari sudut lapangan.

Gambar Lapangan Sepak Bola Beserta Ukurannya

Gambar Ukuran lapangan sepak bola

Ukuran lapangan sepak bola yang digunakan dalam pertandingan resmi tingkat internasional diatur oleh FIFA. Lapangan sepak bola harus memenuhi kriteria ukuran yang ditentukan oleh FIFA agar dapat digunakan dalam pertandingan resmi.

Kriteria ukuran lapangan sepak bola yang digunakan dalam pertandingan internasional meliputi:

Panjang lapangan sepak bola adalah 90 meter hingga 120 meter. Ini adalah ukuran ideal yang digunakan dalam pertandingan resmi tingkat internasional, dengan panjang 100 hingga 110 meter menjadi ukuran yang paling sering digunakan.

Lebar lapangan sepak bola adalah diantara 45 meter hingga 90 meter. Namun, ukuran ideal yang digunakan dalam pertandingan resmi tingkat internasional adalah 64 hingga 75 meter.

Di dalam lapangan sepak bola terdapat beberapa bagian penting yang harus memenuhi kriteria ukuran yang ditentukan oleh FIFA, seperti : lingkaran tengah, garis gawang, kotak penalti, area gawang, dll.

Baca juga : Hal Yang Menentukan Kemenangan Saat Pertandingan Sepak Bola Mini

Standar ukuran yang ditentukan oleh FIFA sangat penting untuk memastikan keseragaman dan fair play dalam pertandingan sepak bola.

Komponen Lapangan Sepak Bola

1. The touchline (garis samping)

The touchline, atau garis samping dalam bahasa Indonesia, merupakan bagian dari lapangan sepak bola yang menyambungkan garis belakang dan garis depan lapangan. Menurut standar FIFA, panjang touchline harus setidaknya 100 meter dan harus sama dengan panjang garis belakang lapangan. Ini berarti bahwa ukuran lebar lapangan sepak bola harus sama dengan panjang touchline.

Fungsi dari touchline adalah untuk menentukan batas dari lapangan sepak bola. Bola dianggap keluar dari lapangan jika melewati touchline, baik secara horizontal atau vertikal. Ini berarti bahwa bola harus dikembalikan ke lapangan melalui tendangan corner atau tendangan dari luar area jika melewati touchline.

Touchline juga digunakan sebagai batas untuk menentukan posisi pemain dan bola saat tendangan corner atau tendangan dari luar area. Pemain yang akan melakukan tendangan harus berada di luar touchline dan tidak boleh menyentuh bola sebelum bola melewati touchline.

Selain itu, pada saat pertandingan, wasit juga akan menggunakan touchline sebagai patokan untuk memberikan peringatan (warning), kartu kuning atau kartu merah kepada pemain yang melanggar aturan.

2. The goal line (garis gawang)

The goal line (garis gawang) adalah bagian dari lapangan sepak bola yang menghubungkan dua tiang gawang.

Ukurannya sama dengan panjang garis belakang lapangan, sekitar 100 meter. Garis gawang digunakan untuk menentukan gol, batas posisi pemain dan bola saat tendangan bebas/penalti, serta sebagai patokan wasit dalam memberikan peringatan, kartu kuning atau kartu merah.

Baca juga : Kunci Utama Dalam Memenangkan Suatu Pertandingan Sepak Bola

3. Halfway (garis tengah)

Halfway line, atau garis tengah dalam bahasa Indonesia, adalah garis horizontal yang membagi lapangan sepak bola menjadi dua bagian yang sama besar.

Garis tengah ini digunakan untuk memulai atau mengakhiri setiap babak pertandingan. Pemain harus melewati garis tengah saat memulai atau mengakhiri setiap babak.

Juga digunakan sebagai referensi saat tendangan dari tengah lapangan atau wasit dalam memberikan peringatan kepada pemain yang melanggar aturan.

4. Center circle (lingkaran tengah)

Center circle (lingkaran tengah) adalah lingkaran yang diletakkan di tengah lapangan sepak bola dan fungsi lingkaran di tengah lapangan sepak bola untuk memulai atau mengakhiri setiap babak pertandingan.

Lingkaran tengah ini harus berada di tengah lapangan dan lingkaran tengah pada lapangan sepak bola berukuran diameter 9,15 meter sesuai standar FIFA.

Pada saat pertandingan dimulai, bola harus ditendang dari lingkaran tengah ke salah satu tim yang bermain.

5. Center spot (titik tengah)

Center spot, atau titik tengah dalam bahasa Indonesia, adalah titik yang berada di tengah lapangan sepak bola dan digunakan sebagai titik awal dari setiap babak pertandingan.

Pada saat kick off, bola harus diletakkan di titik tengah dan diberikan kepada salah satu tim untuk dimulai pertandingan.

Ini diatur oleh Hukum Permainan (Law of the Game) FIFA. Posisi bola di titik tengah diperlukan untuk memberikan kesempatan yang sama bagi kedua tim dalam mengambil kendali pertandingan.

6. Penalty Box

Penalty box, atau kotak penalti dalam bahasa Indonesia, adalah area yang terletak di depan gawang dan digunakan dalam situasi tendangan penalti.

Kotak penalti dibatasi oleh garis gawang dan garis depan kotak penalti, yang harus berjarak 11 meter dari garis gawang.

Lebar kotak penalti harus sekitar 16,5 meter, sementara panjangnya harus sekitar 40 meter.

Saat tendangan penalti, hanya pemain yang berada di luar kotak penalti yang diperbolehkan untuk menendang bola, sementara pemain lawan harus berada di dalam kotak penalti sampai tendangan penalti dilakukan.

7. Goal box (kotak area gawang)

Ukuran kotak gawang jauh lebih kecil dibandingkan kotak penalti. Panjangnya sekitar 18,32 meter dengan lebar 5,5 meter diukur dari garis gawang.

Ini merupakan daerah yang dianggap sebagai wilayah khusus penjaga gawang. Jika kiper mengalami gangguan saat menangkap bola di area ini, pertandingan akan dihentikan dan pemain musuh akan dikenakan sanksi dengan tendangan bebas.

8. Penalty spot (titik pinalti)

Penalty spot, atau titik penalti dalam bahasa Indonesia, adalah titik yang berada di tengah kotak penalti dan digunakan sebagai tempat tendangan penalti dilakukan.

Tepatnya berada di tengah-tengah garis depan kotak penalti. Tendangan penalti harus dilakukan dari titik ini dan bola harus berada di atas titik ini saat tendangan dilakukan.

Jika bola tidak berada di atas titik ini atau tendangan dilakukan dari luar kotak penalti, wasit akan memberikan peringatan (warning) atau memberikan tendangan bebas untuk tim lawan.

Tendangan Penalti dapat dilakukan oleh satu pemain yang ditentukan dari tim yang mendapatkan pelanggaran dan harus dilakukan dari titik penalti yang telah ditentukan.

Pemain yang melakukan tendangan penalti harus berada di dalam kotak penalti dan tidak boleh menyentuh bola sebelum tendangan dilakukan.

9. Lingkaran Penalti (Penalty arc)

Penalty arc, atau lingkaran penalti dalam bahasa Indonesia, adalah lingkaran setengah yang diletakkan di belakang titik penalti dan digunakan untuk membatasi jarak pemain lawan dari bola saat tendangan penalti dilakukan.

Lingkaran ini harus berjarak 9,15 meter dari garis depan kotak penalti. Pemain lawan harus berada di luar lingkaran ini saat tendangan penalti dilakukan.

Ini dilakukan untuk mencegah pemain lawan berdiri terlalu dekat dengan bola dan mencegah pelanggaran yang merugikan tim yang melakukan tendangan penalti.

10. Lingkaran Sudut (Corner arc)

Corner arc, atau lingkaran sudut dalam bahasa Indonesia, adalah lingkaran yang diletakkan di setiap sudut lapangan dan digunakan dalam situasi tendangan sudut.

Lingkaran ini harus berjarak 1 meter dari garis sudut dan membatasi jarak di mana pemain lawan harus berdiri saat tendangan sudut dilakukan.

Sesuai dengan peraturan FIFA, pemain lawan harus berada di luar lingkaran ini saat tendangan sudut dilakukan, jika tidak wasit akan memberikan peringatan (warning) atau memberikan tendangan bebas untuk tim lawan.

Tendangan sudut sendiri digunakan ketika bola keluar dari lapangan melalui garis gawang dan digunakan oleh tim yang berpossession pada saat bola keluar.

Lingkaran sudut ini dalam aturan permainan bola dipergunakan untuk mengukur jarak minimal dari pemain lawan saat tendangan sudut dilakukan.

sudut lapangan sepak bola

11. Corner Flagpost

Di setiap sudut lapangan sepak bola, terdapat lingkaran sudut atau corner arc yang dilengkapi dengan tiang sudut atau corner flagpost.

Tiang ini diletakkan di setiap sudut lingkaran sudut dan digunakan sebagai referensi untuk wasit dan pemain dalam menentukan tendangan sudut.

Sesuai dengan peraturan FIFA, tiang ini harus berdiri tegak dan diletakkan di luar lapangan, tidak boleh ada bagian yang melewati garis lapangan. Ukuran tingginya disyaratkan tidak kurang dari 1,5 meter.

Baca juga : Salah Satu Teknik Badan Pada Permainan Sepak Bola

12. Technical area

Technical area, atau daerah teknis dalam bahasa Indonesia, adalah area yang ditentukan di lapangan sepak bola untuk digunakan oleh staf teknik dan pemain yang sedang tidak bermain.

Ini digunakan oleh manajer, pelatih, asisten pelatih, dan staf medis tim untuk berkoordinasi dengan pemain yang bermain di lapangan.

Biasanya terletak di samping lapangan, daerah teknis terdiri dari dua kursi untuk staf teknis dan dua kursi untuk pemain yang tidak bermain.

Area ini digunakan untuk berkoordinasi dengan pemain yang bermain, memberikan perintah, dan juga dapat digunakan untuk memberikan perlakuan medis saat dibutuhkan.

Aturan-aturan yang diterapkan di daerah teknis sendiri ditentukan oleh FIFA. Diantaranya tidak boleh melewati garis lapangan, atau melakukan tindakan yang dapat mengganggu pertandingan.

Terkadang dikenal juga dengan istilah Technical Zone atau Technical Area.

Ukuran Tiang Gawang Sepak Bola

ukuran gawang sepak bola

Menurut peraturan FIFA (Federation International de Football Association), ukuran tiang gawang sepak bola adalah sebagai berikut :

  • Lebar : 7.32 meter
  • Tinggi : 2.44 meter

Ukuran ini diterapkan untuk pertandingan resmi di semua level. Namun mungkin saja ada variasi dari ukuran ini untuk lapangan yang digunakan untuk pertandingan amatir atau lokal.

Selain itu, tiang gawang sepak bola juga harus tersusun dari bahan yang aman dan tidak berbahaya bagi pemain. dan harus diinstal sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan oleh FIFA untuk memastikan kestabilan dan keamanan bagi pemain.

Ukuran Bola Sepak Bola

Menurut peraturan FIFA (Federation International de Football Association), ukuran bola sepak bola adalah sebagai berikut:

  • Diameter : tidak boleh kurang dari 68 cm dan tidak boleh lebih dari 70 cm
  • Berat : tidak boleh kurang dari 410 gram dan tidak boleh lebih dari 450 gram
  • Tekanan: 0.6 – 1.1 Atmosferic (8.5-15.6 PSI)

Ukuran ini harus diterapkan pada bola yang digunakan pada pertandingan resmi di semua level.

Bola harus terbuat dari bahan yang aman dan tidak berbahaya bagi pemain serta harus memenuhi syarat yang ditentukan oleh FIFA untuk pertandingan resmi.

Pada bola sepak bola yang digunakan pada pertandingan profesional, di biasa di isi dengan angin pada tekanan yang ditentukan.

Penutup

Secara keseluruhan, ukuran lapangan sepak bola, tiang gawang, bola sepak bola, serta area lain di lapangan sepak bola memiliki standar yang ditentukan oleh FIFA sebagai organisasi induk sepak bola dunia.

Standar ini diterapkan pada semua level pertandingan resmi, mulai dari tingkat nasional hingga internasional, untuk memastikan keselamatan pemain dan fairplay.

Hal ini penting untuk diingat bahwa peraturan-peraturan tersebut harus dipatuhi agar pertandingan dapat berjalan dengan lancar dan fair.

Demikian mengenai pembahasan ukuran lapangan sepak bola secara lengkap beserta gambar. Semoga dapat membantu. Bolanezia.

Share This :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *