Profil & Sejarah Timnas Ukraina

Timnas Ukraina

Tim sepak bola nasional Ukraina (Bahasa Ukraina: збірна України з футболу) mewakili Ukraina dalam kompetisi sepak bola internasional putra dan berada dibawah kendali Ukrainian Association of Football (UAF), yang merupakan badan pengelola sepak bola di Ukraina. Kandang Ukraina adalah Stadion Olimpiyskiy di Kyiv. Tim ini telah menjadi anggota penuh UEFA dan FIFA sejak tahun 1992.

Profil Timnas Ukraina


Asosiasi 
:
Ukrainian Association of Football  
Didirikan 
:
1991
Alamat 
:
Provulok Laboratornyi 7-A1133Kyiv (Kiev), Ukraina
Julukan Tim 
:
Головна команда (The Main Team) & Жовто-Сині (The Yellow and Blue)
Stadion Utama 
:
Olimpiyskiy Stadium  
Penampilan Terbanyak
:
Anatoliy Tymoshchuk (144)
Pencetak Gol Terbanyak 
:
Andriy Shevchenko (48)
Pelatih 
:
Andriy Shevchenko
Kapten
:
Andriy Pyatov
Telepon 
:
+380 (44) 521 0521
Faks 
:
+380 (44) 521 0550 
Email 
:
info@ffu.org.ua
Website 
:
www.ffu.org.ua
Konfederasi 
:
UEFA (Eropa)
Kode FIFA 
:
UKR

Sejarah Timnas Ukraina


Secara resmi Timnas Ukraina dibentuk pada awal 1990-an dan tak lama kemudian diakui secara internasional.

Namun, tidak banyak diketahui bahwa Ukraina sebelumnya telah memiliki tim nasional pada tahun 1925–1935.

Sama seperti Republik Sosialis Federasi Soviet Rusia, Republik Sosialis Soviet Ukraina memiliki tim nasional sendiri.

Ukraina memainkan laga perdananya melawan tim Federasi Olahraga Merah dari Uruguay, satu di Kharkiv (kalah 1-2) dan satunya lagi di Moskow (menang 3-2).

Setelah itu, Ukraina ikut berpartisipasi di turnamen All-Soviet dan memainkan tiga pertandingan serta mencapai final namun mereka kalah dari Moskow 0-1.

Pada tahun 1986, Ukraina menjadi juara turnamen association football tournament of the Spartakiad of Peoples of the USSR yang diselenggarakan di kandang mereka sendiri setelah mengalahkan ketika Uzbekistan (Uzbek SSR).

Setelah runtuhnya Uni Soviet di tahun 1991, Rusia menggantikan tim nasional Uni Soviet di kualifikasi untuk Piala Dunia 1994. Sementara ukraina tidak ikut karena belum bergabung dengan FIFA.

Tak lama setelah diterima FIFA dan UEFA sebagai anggota penuh pada tahun 1992, Ukraina memulai persiapan untuk pertandingan pertamanya.

Mereka kemudian memainkan pertandingan pertamanya melawan Hungaria, laga ini berakhir dengan kekalahan bagi Ukraina dengan skor 1-3.

Piala Dunia

Ukraina tercatat baru sekali lolos ke Piala Dunia, Yakni di tahun 2006 silam saat di gelar di Jerman.

Saat itu The Yellow and Blue melaju hingga babak Quarter-finals. mereka tersingkir dari turnamen tersebut setelah di kalahkan Juara Saat itu, Italia dengan skor telak 3-0.

Euro

Di ajang Euro, Timnas Ukraina telah berpartisipasi dalam tiga edisi turnamen ini. Yang pertama terjadi di tahun 2012 silam ketika mereka menajdi tuan rumah bersama Polandia.

Yang kedua pada tahun 2016 lalu, dan yang ketiga di tahun 2020 mendatang. Dari dua edisi yang telah mereka ikuti, The Yellow and Blue selalu terhenti di babak penyisihan grup.

Timnas Ukraina di Euro 2020


Timnas Ukraina lolos ke Piala Eropa 2020 dengan status juara Grup B babak kualifikasi. Ini menjadi kejutan karena di grup tersebut ada Timnas Portugal yang merupakan juara bertahan turnamen ini.  

Di Euro 2020, Timnas Ukraina tergabung di grup C bersama Timnas Belanda, Timnas Austria dan Timnas Makedonia Utara.