Allianz Arena - Stadion Kandang Bayern Munchen

Allianz Arena - Stadion Kandang Bayern Munchen

Nama:Allianz Arena
Kapasitas:75,000
Dibuka:30 Mei 2005
Alamat:CWerner-Heisenberg-Allee 25
Stadion Kandang:Bayern Munchen
Pemilik:Allianz Arena München Stadion GmbH
Operator:Allianz Arena München Stadion GmbH
Ukuran lapangan:105 m × 68 m (114.8 yd × 74.4 yd)
Permukaan:Rumput
Biaya konstruksi:340 juta Euro
Arsitek:Herzog & de Meuron ArupSport
Structural Engineer:Ove Arup & Partners
Nilai UEFA:⭐⭐⭐⭐
Rekor Penonton:-

Allianz Arena adalah Stadion kandang Bayern Mucnhen, yang berlokasi di kota Munich, Bavaria, Jerman. Stadion ini tepatnya terletak di 25 Werner-Heisenberg-Allee di ujung utara Munich Schwabing-Freimann borough di Fröttmaning Heath.

Stadion yang memiliki julukan Schlauchboot ini mempunyai kapasitas 75.000 tempat duduk, kapasitas tersebut menjadikan stadion ini menjadi stadion terbesar kedua di Jerman setelah Westfalenstadion di Dortmund.

Dan dikenal luas memiliki eksterior panel plastik ETFE. Allianz Arena merupakan stadion pertama di dunia yang menggunakan eksterior penuh warna yang bisa berubah.

Stadion ini selesai di bangun pada tahun 2005, dengan biaya konstruksi total mencapai € 340 juta. Selain itu, Pemerintah kota dan Negara juga kemudian mengeluarkan uang sekitar € 210 juta untuk pengembangan wilayah dan perbaikan infrastruktur.

Bayern Munchen telah menempati Schlauchboot sebagai kandang mereka sejak 2005.

Awalnya tim 1860 Munich memiliki 50% saham di stadion ini, tetapi Bayern Munich kemudian membeli saham mereka sebesar € 11 juta pada bulan April 2006. yang menjadikan Bayern Munchen sebagai penghuni tunggal stadion ini.

Sponsorship

Penyedia jasa keuangan terbesar, Allianz membeli hak penamaan stadion selama 30 tahun. Namun, nama ini tidak dapat digunakan saat menyelenggarakan acara atau pertandingan FIFA dan UEFA, karena badan-badan yang mengatur ini memiliki kebijakan yang melarang mencantumkan nama sponsor perusahaan jika bukan mitra turnamen resmi.

Oleh karena itu Selama Piala Dunia 2006, Allianz Arena disebut sebagai FIFA WM-Stadion München (Stadion Piala Dunia FIFA, Munich). Sementara di kompetisi Uefa Nations League dikenal dengan nama Fußball Arena München (Football Arena Munich).

Sedangkan Dalam pertandingan klub UEFA, stadion ini dikenal sebagai Fußball Arena München (Football Arena Munich).